Tips Olahraga Basket

Tips Olahraga Basket Supaya Tidak Terlihat Seperti Pemula

Tips olahraga basket sekarang tidak banyak diketahui. Kondisi tersebut bisa diwajarkan mengingat popularitas basket di indonesia sendiri tidak besar. Keberadaannya tertutup oleh olahraga lain yang lebih populer seperti sepakbola dan bulu tangkis.

Dengan kecilnya popularitas tersebut, bermain basket sendiri memang lebih sulit. Itu karena sulit untuk mencari orang yang bisa mengajari bermain basket. Terlebih lagi, detail aturannya sendiri sangat sulit untuk dipelajari.

Jika ingin ahli bermain basket, seseorang perlu memainkannya dengan sering. Semakin sering bermain maka semakin ahli juga seseorang dalam memainkannya. Namun kondisi berbeda akan terlihat pada olahraga basket.

Baca Juga : Cara Main Fornite Supaya Terlihat Seperti Pro Player

Dengan popularitasnya yang kurang, bermain basket secara sering menjadi hal yang lebih sulit. Oleh sebab itu, diperlukan perhatian terhadap detail jika ingin menjadi ahli. Pembelajaran perlu dilakukan secara serius supaya setiap latihan bisa efektif.

Tips Olahraga Basket yang Bisa Dicoba

Olahraga basket sendiri tidak sesulit yang dibayangkan. Memang jauh lebih baik jika olahraga ini dilakukan dengan bantuan seorang pelatih. Namun bukan berarti menjalankannya sendiri tidak bisa dilakukan.

Tips Olahraga Basket

Apabila pelatih tidak dimiliki, coba saja memainkan basket secara otodidak. Ini menjadi hal yang sangat mungkin mengingat ada banyak orang yang menjadi ahli secara otodidak. Oleh sebab itu, berikut uraiannya secara lebih lengkap.

1. Menggiring Bola

Tips olahraga basket pertama berhubungan dengan gerakan yang paling dasar yaitu menggiring bola. Intinya aktivitas menggiring bola perlu dilakukan dengan baik. adalah kesalahan besar jika menggiring dilakukan secara asal.

Selain akan menurunkan kecepatan, menggiring secara asal juga membuat seseorang berpotensi melakukan pelanggaran. Pastikan postur tubuh saat menggiring sudah benar. Bukalah lutut menjadi selebar bahu lalu persiapkan posisi kaki.

Pastikan kaki sudah berada pada kondisi siap walaupun harus bermanuver untuk berganti arah. Ketinggian pantulan bola juga diperhatikan. Kamu perlu memerhatikan supaya ketinggian bola tidak melebihi pinggang.

2. Latih Respons

Tips olahraga basket selanjutnya berhubungan dengan respons saat menggiring bola. Seseorang perlu memastikan supaya bola digiring dengan kondisi terkuasai sepenuhnya. Ini akan terjadi apabila respons terhadap bola sudah maksimal.

Melatih respons ini sebenarnya sangat mudah. seseorang hanya perlu melatih kedua tangan untuk menggiring bola. Caranya dengan memantulkan bola secara cepat lalu mengubahnya dengan memantulkan secara pelan.

Membiasakan melatih kedua tangan untuk menggiring juga penting. Itu karena kesulitan di lapangan akan terasa jika hanya memanfaatkan satu tangan. Untuk hasil maksimal, cobalah berlatih dengan memantulkan bola 20 kali memakai satu tangan lalu memindahkannya ke tangan lain.

3. Pola Zigzag

Tips olahraga basket sebelumnya dipakai untuk memindahkan bola ke tangan lain setelah memantulkannya sebanyak dua puluh kali. Namun pada pola zigzag, perpindahan tangan dilakukan secara lebih cepat.

Ketika pola zigzag dilakukan, perpindahan tangan dilakukan setiap dua kali langkah kaki. Jika bisa gunkanlah kerucut sebagai alat bantu lalu simpan dengan jarak lima meter. Nantinya keberadaan kerucut bisa mempermudah proses latihan.

4. Pandangan Mata

Beberapa orang terus melihat ke arah bola ketika sedang bermain basket. Sebenarnya tidak ada kesalahan ketika melakukan hal tersebut. Namun hal tersebut akan membedakan seorang profesional dan pemula.

Ketika seorang profesional menggiring bola, mata sudah diarahkan ke lapangan. Ini membuat bola sudah tidak dilihat lagi. Hal tersebut membuat fokus dan kepekaan terhadap seluruh bagian lapangan menjadi lebih tinggi.

Pastikan untuk tidak asal dalam bermain basket. Dengan tidak asal, penguasaan akan permainan ini bisa menjadi lebih tinggi dan peluang menjadi atlet pasti membesar. Namun intinya, selalu jalankan tips olahraga basket di atas.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *