tips olahraga badminton

Tips Olahraga Badminton yang Sering Dicoba Atlet Profesional

Ada beberapa tips olahraga badminton yang bisa dipraktekkan. Tips ini sendiri terbilang penting. Walaupun popularitasnya di Indonesia masih kalah oleh olahraga lain seperti sepakbola, peluang sukses menjalani karir sebagai pemain badminton sangat besar.

Itu karena, kualitas badminton Indonesia sendiri sangat tinggi. Indonesia adalah salah satu negara dengan kualitas badminton terbaik di dunia. Ini terlihat dari para atletnya yang sering kali meraih sukses di kancah internasional.

Baca Juga : E-sports Sebagai Alat Edukasi Mengasah Kreaitivitas

Tetapi ingat, bermain badminton tidak semudah yang dibayangkan. Jika seseorang tidak serius, sulit untuk menjadi pemain badminton profesional. Sudah banyak orang yang gagal bermain badminton karena sembarangan menjalankannya.

Tips Olahraga Badminton Atlet Profesional

Jika pencarian akan tips dalam olahraga badminton ini sering dilakukan, kamu sudah berada di tempat yang tepat. pada kesempatan kali ini, akan diulas lebih lanjut mengenai beberapa tips yang layak dicoba. Perlu diketahui, tips yang dijelaskan sendiri tidak sembarangan.

tips olahraga badminton

Ini adalah hal yang selalu dilakukan atlet dan bisa dilihat dalam pertandingan. Oleh karena itu, berikut ulasan mengenai tipsnya secara lebih detail.

1. Forehand

Tips olahraga badminton pertama berhubungan dengan teknik forehand. Ini adalah jenis pukulan dasar yang perlu dikuasai seorang pemain. Untuk melakukan forehand, seseorang perlu memegang raket dalam posisi terbuka.

Selanjutnya, raket perlu digenggam secara rileks. Lihat posisi shuttlecock yang datang lalu ambil posisi. Pastikan shuttlecock berada di depan dengan posisi kaki kiri yang sudah dimajukan. Nantinya posisi badan sendiri perlu dimiringkan supaya sejajar dengan kaki kiri.

Selanjutnya tinggal memukul shuttlecock tersebut. Saat pemukulan dilakukan, miringkan posisi badan sehingga sejajar dengan posisi kaki. Jangan lupa juga untuk memutar bahu hingga mengarah ke depan.

2. Drop Shot

Tips olahraga badminton selanjutnya berhubungan dengan teknik drop shot. Ini adalah teknik penting yang bisa membuat lawan tertipu. Ketika akan melakukan drop shot, posisi tangan sendiri sebenarnya sama dengan forehand.

Hanya saja, raket perlu dipegang dengan posisi tangan yang menyamping dari badan. Jangan lupa juga untuk rileks ketika menggenggam raket tersebut. Perlu diketahui, seseorang perlu bergerak cepat agar posisi badan ada di belakang shuttlecock.

Nantinya buatlah postur seperti akan memukul shuttlecock dengan keras. Tetapi ketika raket sudah mendekati shuttlecock, pelankan tangan sehingga sentuhan menjadi lebih halus.

Ini membuat musuh akan menyangka kalau shuttlecock akan diarahkan ke belakang. Namun dengan pukulan yang halus, shuttlecock justru akan ditempatkan ke arah depan.

3. Flick Service

Flick service juga penting saat mempelajari tips olahraga badminton. Sama seperti drop shot, flick service juga ditujukan untuk menipu lawan. Hanya saja tipuan diberikan saat servis sedang dilakukan.

Flick service sendiri dilakukan dengan kaki kanan yang ditempatkan di depan kaki kiri. Nantinya ujung kaki kanan perlu ditempatkan ke arah dimana sasaran diinginkan. Perlu diketahui, kedua kaki perlu dibuka selembar pinggul.

Jangan lupa juga untuk membengkokkan lutut. Nantinya pukulan dilakukan dengan cepat sehingga shuttlecock akan mengarah ke bagian depan. Ingat posisi lawan perlu dilihat agar shuttlecock tersebut tidak mudah diantisipasi.

4. Forehand Service

Forehand service juga penting saat bermain badminton. Saat melakukan forehand service, shuttlecock perlu dipukul dengan kekuatan penuh. Cara tersebut membuat shuttlecock melayang jauh dan mempersulit lawan ketika memukulnya.

Jangan lupa untuk membuka kaki selebar pinggul ketika akan memukul shuttlecock. Selain itu, jangan lupa juga untuk memastikan kedua telapak kaki menempel di lantai.

Bermain badminton perlu dilakukan secara rutin. Jika berhenti bermain dalam waktu lama, tubuh pasti akan kaku ketika hendak digerakkan. Oleh karena itu, jalankan tips olahraga badminton yang dijelaskan secara rutin.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *